Tips mengurus perpanjangan STNK di Gerai Samsat

Cara Mengurus Perpanjang STNK 5 Tahunan Ganti Plat Nomor Proses dan Syarat Perpanjang Pajak STNK tahunan dan Lima Tahunan Prosedur atau Cara Perpanjang Pajak STNK 

Tips mengurus perpanjangan STNK di Gerai Samsat Giant Kreo
Yang perlu diperhatikan adalah nama pada KTP harus sesuai dengan nama yang tertera pada BPKB dan STNK. Kalau tidak sama, terpaksa harus balik nama, sebab jika tidak demikian, proses perpanjangan pajak kendaraan tidak bisa dilakukan.
Ah! Jangan lupa persiapkan uang kontan. Tambahkan jumlahnya sedikit lebih banyak dari angka nominal yang tertera pada STNK saat ini.
Pada kasus saya:
Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahun lalu = 148,500 Rp
SWDKLLJ = 35,000 Rp
Total = 183,500 Rp
  • Datang lebih awal (mendekati jam buka gerai, pukul 14.00) tidak terlalu berpengaruh, karena pada sekitar pukul 14.30, tak lama setelah proses perpanjangan selesai saya lakukan, gerai mulai sepi.
  • Bagi yang sudah mem-fotocopy ketiga dokumen tersebut dari rumah, segera satukan dalam sebuah kantong plastik. Jadi, begitu sampai di gerai, tinggal menyerahkan saja kepada petugas. Tak perlu repot-repot mensortir lagi.
  • Memperpanjang pajak STNK di Kantor Samsat, sebenarnya sama cepat. Namun, ukuran gedung kantor yang biasanya lebih luas dan memiliki beberapa counter tentu dapat membuat kita gampang kebingungan. Sejauh pengalaman mengurus perpanjangan STNK, gerai Samsat yang berada di Mal-mal tetap saya anggap alternatif terbaik, karena prosesnya dilakukan di “satu pintu.” Kita tinggal datang, serahkan berkas, dan tunggu panggilan. Tak perlu pindah-pindah counter.
  • Perhatikan nominal pajak kendaraan tahun lalu (di STNK). Bawa uang sedikit lebih banyak dari nominal tersebut. Ini dilakukan demi mengantisipasi kekurangan uang, bila ternyata ada biaya tak terduga yang harus dikeluarkan.
  • Bagi yang tidak memegang uang kontan, tenang. Mal Giant Kreo memiliki fasilitas beberapa mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), seperti BCA, BNI, Mandiri, dan lain-lain.
  • Gerai Samsat Giant Kreo tidak melayani perpanjangan pajak STNK 5 tahunan. Hanya melayani perpanjangan pajak STNK tahunan saja. Untuk pajak 5 tahunan, harus datang ke kantor yang lebih besar—seperti Kantor Samsat Ciledug.
  • Jangan sampai telat perpanjang pajak. Sebagai gambaran saja, untuk motor tahun 90-an yang dulu saya pernah punya, telat setahun dendanya 50,000 Rp.***
Jika dibandingkan dengan bertahun-tahun yang lalu, cara pengurusan perpanjangan pajak STNK sekarang jelas lebih gampang. Prosedurnya pun sederhana. Kabar baiknya, gerai Samsat “satu pintu” kini bertebaran di mana-mana, baik di wilayah Tangerang mau pun Jakarta. Jadi, tak ada alasan lagi menunda-nunda pembayaran pajak kendaraan bermotor kalian, kan? [BEM]
CARA PERPANJANG PAJAK STNK

Komentar